Tempat Wisata di Palembang

Tempat wisata di Palembang – Palembang merupakan ibukota Sumatera Selatan dan juga menjadi kota terbesar kedua yang ada di Pulau Sumatera. Palembang dulunya sangat tersohor dengan kerajaan Sriwijaya, salah satu kerajaan Buddha terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu juga, ternyata kota pempek ini memiliki banyak potensi yang berkaitan dengan tempat wisata di Palembang dan tentunya tidak kalah dengan kota lainnya. Jadi, apa saja sih tempat wisata yang ada di kota Palembang dan bisa Anda kunjungi sebagai tujuan destinasi liburan Anda? Berikut penjelasannya.

4 Tempat Wisata di Palembang

Berikut adalah 4 tempat wisata di Palembang yang saya rekomendasikan untuk Anda semua.

  1. Benteng Kuto Besak

Tempat wisata di Palembang yang pertama adalah benteng kuto besak. Benteng yang nampak kokoh dengan bahan batunya ini adalah saksi bisu dari perjuangan untuk melawan para penjajah. Dari tempat wisata ini Anda bisa melihat kapal – kapal yang belayar di Sungai Musi, baik kapal yang berukuran besar maupun kecil. Anda pun bisa lebih menikmati keindahan dari benteng kuto besak beserta sungai musi yang ada di seberangnya di sore hari.

  • Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Tempat wisata hutan yang sangat terkenal di kota Palembang adalah taman hutan wisata punti kayu. Taman hutan yang mempunyai luas 50 hektar ini sudah menjadi tempat wisata favorit untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tercinta.

Adapun fasilitas yang tersedia di hutan wisata ini sangatlah lengkap dan juga disertai dengan tempat penangkaran buaya serta kebun binatang. Anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berenang, bermain di area taman, menunggang kuda dan melihat berbagai atraksi gajah yang menarik. Perlu diketahui jika hutan wisata punti kayu ini merupakan hutan pinus yang terbesar di Indonesia. Adapun tiket masuk dari tempat wisata di Palembang yang satu ini cukup dengan Rp 5000 saja dan dibuka dari pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore.

  • Jembatan Ampera

Ini adalah tempat wisata yang paling terkenal dan menjadi ikon serta lambang dari kota Palembang. Jembatan Ampera tersebut menghubungkan dua wilayah yang terbelah oleh Sungai Musi yaitu daerah Ulu dan Ilir. Dan tidak jauh dari Jembatan Ampera ini, sekitar 50 meter, terdapat pasar yang menyediakan aneka souvenir dan makanan yang mempermudah Anda untuk sekedar mengisi perut Anda ataupun membeli oleh – oleh untuk orang terdekat.

  • Pulau Kemaro

Tempat wisata di Palembang yang terakhir adalah Pulau Kemaro. Pulau yang berlokasi di tengah Sungai Musi tersebut mempunyai sebuah vihara yang sangat terkenal di kalangan umat Buddha dan sering dikunjungi untuk sekedar berziarah dan berdoa. Para peziarah yang mengunjungi Pulau Kemarau ini biasanya berasal dari kota Palembang sendiri, luar kota bahkan sampai dari luar negeri.

Di Pulau Kemaro juga terdapat sebuah legenda yang menceritakan tentang kisah cinta antara putri Palembang dengan anak dari raja China dengan mas kawin 9 guci emas. Dan singkat cerita, akhirnya mereka pun menerjunkan dirinya ke Sungai Musi dan tenggelam.

Pada tempat wisata di Palembang Pulau Kemaro ini juga mempunyai berbagai hal menarik lainnya seperti pagoda dengan lantai 9 yang telah dibangun sejak tahun 2006 lalu. Selain pagoda, di pulau ini juga terdapat pohon cinta yang mempunyai mitos jika kita menuliskan nama kita bersama pasangan di pohon ini, maka hubungan kita pun bisa langgeng hingga menuju pernikahan.

Itulah serangkaian info mengenai 4 tempat wisata di Palembang yang bisa menjadi rekomendasi Anda ketika hendak berlibur ke kota Palembang, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan